Competitive Advantage Industri Pariwisata Halal Singapura Dalam Berdaya Saing di Asia Tenggara
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini membahas keunggulan kompetitif industri pariwisata halal Singapura di Asia Tenggara. Upaya pemerintah dalam berdaya saing dengan negara-negara kawasan dilakukan melalui serangkaian inovasi dalam industri pariwisata dan peningkatan berbagai industri terkait. Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya Singapura mendorong daya saing industri pariwisata halalnya melalui konseptualisasi the Diamond of National Advantages. Konsep ini merupakan turunan dari teori competitive advantage (keunggulan kompetitif) yang digunakan oleh suatu negara dalam mendorong daya saing melalui 4 pilar, yaitu: Factor Condition; Demand Condition; Related and Supporting Industry; Firm Strategy, Structure, and Rivalry. Dengan menggunakan metode kualitatif eksplanatif dengan pendekatan kausalitas, penelitian ini menunjukkan industri pariwisata halal Singapura memiliki peluang dalam berdaya saing melalui keunggulan kompetitif yang ditinjau berdasarkan the Diamond of National Advantages sebagai tolak ukur keberhasilan industri pariwisata Singapura. Sedangkan untuk berdaya saing di kawasan, Singapura menghadapi tantangan berupa keunggulan kompetitif yang juga dimiliki oleh negara-negara pesaing, seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Para penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel akan diberikan kepada Intermestik: Jurnal Studi Internasional, Departemen Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran sebagai penerbit jurnal.