Diplomasi Komersial Indonesia dalam Promosi Investasi Industri EV Tahun 2019 – 2022
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam menjawab tantangan terkait pengembangan industri EV, salah satu langkah yang dilakukan Indonesia adalah dengan membangun kerjasama dan mempraktikkan diplomasi komersial dengan berbagai pihak, termasuk pelaku bisnis otomotif multinasional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan pola diplomasi komersial antara Indonesia dengan negara-negara mitranya, yaitu Korea Selatan, China, dan Jepang, juga kaitannya dengan strategi dan pengaruh objek sasaran promosi investasi industri EV dari tahun 2019 hingga 2022. Data dianalisis menggunakan verifikasi dan metode triangulasi berdasarkan konsep diplomasi komersial oleh Potter (2004), dan strategi promosi investasi menurut Wells dan Wint (2000). Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola tahapan diplomasi komersial, pendekatan promosi investasi, serta karakteristik investor pada konteks Indonesia untuk masing-masing negara yang diteliti.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Para penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel akan diberikan kepada Intermestik: Jurnal Studi Internasional, Departemen Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran sebagai penerbit jurnal.