Diplomasi Komersial Indonesia dalam Promosi Investasi Industri EV Tahun 2019 – 2022

Isi Artikel Utama

Wahyu Suryodarsono
Tatok Djoko Sudiarto

Abstrak

Dalam menjawab tantangan terkait pengembangan industri EV, salah satu langkah yang dilakukan Indonesia adalah dengan membangun kerjasama dan mempraktikkan diplomasi komersial dengan berbagai pihak, termasuk pelaku bisnis otomotif multinasional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan pola diplomasi komersial antara Indonesia dengan negara-negara mitranya, yaitu Korea Selatan, China, dan Jepang, juga kaitannya dengan strategi dan pengaruh objek sasaran promosi investasi industri EV dari tahun 2019 hingga 2022. Data dianalisis menggunakan verifikasi dan metode triangulasi berdasarkan konsep diplomasi komersial oleh Potter (2004), dan strategi promosi investasi menurut Wells dan Wint (2000). Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola tahapan diplomasi komersial, pendekatan promosi investasi, serta karakteristik investor pada konteks Indonesia untuk masing-masing negara yang diteliti.

Rincian Artikel

Bagian

Artikel Penelitian