Diplomasi Publik Korea Selatan terhadap Indonesia dalam Mengembangkan Industri Halal

Isi Artikel Utama

Nurfarah Nidatya
Neneng Konety
Akim Akim

Abstrak

Abstract


Saat ini, industri halal berkembang pesat. Banyaknya populasi muslim di dunia mendorong beberapa negara termasuk negara non muslim untuk ikut mengembangkan industri halal. Korea Selatan adalah negara non-Muslim yang memperhatikan industri halal. Indonesia merupakan salah satu target pasar terbesar Korea Selatan dalam mengembangkan industri halalnya, mengingat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Budaya dan sistem nilai yang berbeda antara masyarakat Korea dan Islam menyebabkan munculnya hambatan dalam pengembangan industri halal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana diplomasi publik yang dilakukan Korea Selatan terhadap Indonesia dalam mengembangkan industri halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan data diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi publik yang diterapkan Korea Selatan terhadap Indonesia dilakukan dalam tiga dimensi, yaitu komunikasi harian, komunikasi strategis, dan komunikasi jangka panjang. Tiga dimensi diplomasi publik dilakukan Korea Selatan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia, khususnya dalam mengembangkan industri halal.






Kata Kunci:




Diplomasi Publik; Korea Selatan; Halal Industri






 

Rincian Artikel

Bagian

Artikel Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama