Diplomasi Publik Korea Selatan terhadap Indonesia dalam Mengembangkan Industri Halal
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstract
Saat ini, industri halal berkembang pesat. Banyaknya populasi muslim di dunia mendorong beberapa negara termasuk negara non muslim untuk ikut mengembangkan industri halal. Korea Selatan adalah negara non-Muslim yang memperhatikan industri halal. Indonesia merupakan salah satu target pasar terbesar Korea Selatan dalam mengembangkan industri halalnya, mengingat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Budaya dan sistem nilai yang berbeda antara masyarakat Korea dan Islam menyebabkan munculnya hambatan dalam pengembangan industri halal ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana diplomasi publik yang dilakukan Korea Selatan terhadap Indonesia dalam mengembangkan industri halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan data diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diplomasi publik yang diterapkan Korea Selatan terhadap Indonesia dilakukan dalam tiga dimensi, yaitu komunikasi harian, komunikasi strategis, dan komunikasi jangka panjang. Tiga dimensi diplomasi publik dilakukan Korea Selatan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia, khususnya dalam mengembangkan industri halal.
Kata Kunci:
Diplomasi Publik; Korea Selatan; Halal Industri
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Para penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel akan diberikan kepada Intermestik: Jurnal Studi Internasional, Departemen Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran sebagai penerbit jurnal.