Strategi Global Civil Society di Level Lokal: Kasus Earth Hour Malang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini mengkaji Earth Hour Malang sebagai strategi global civil society di level lokal dalam mengampanyekan gaya hidup hijau dan mendorong kesadaran masyarakat untuk peduli pada lingkungan. Dengan menggunakan konseptualisasi global civil society dan strategi visibility dan audibility, data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan aktivis Earth Hour Malang dan studi dokumentasi pada berbagai media sosial yang menjadi sarana publikasi Earth Hour Malang, serta didukung dengan data sekunder. Hasil menunjukkan bahwa Earth Hour Malang melakukan strategi visibility dan audibility secara aktif, konsisten, dan kontinu dengan melakukan berbagai aksi langsung (luring) maupun tidak langsung (daring) melalui berbagai instrumen, baik media sosial, radio, video, maupun televisi. Artikel ini memberikan sumbangsih dalam kajian terkait eksistensi global civil society di level lokal.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Para penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel akan diberikan kepada Intermestik: Jurnal Studi Internasional, Departemen Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran sebagai penerbit jurnal.