American First : Kebijakan Donald Trump dalam Pembatasan Kaum Imigran ke Amerika Serikat Kebijakan Donald Trump dalam Pembatasan Kaum Imigran ke Amerika Serikat

Main Article Content

Taufik Taufik Sundari Ayu Pratiwi

Abstract

Isu imigrasi merupakan salah satu isu domestik di Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Donald Trump. Amerika Serikat merupakan salah satu negara besar yang menjadi tujuan kaum imigran hingga disebut sebagai “bangsa kaum imigran”. Namun Kedatangan kaum imigran membawa masalah bagi negara dan masyarakat asli Amerika Serikat. Adanya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan, masalah budaya, tindak kejahatan dan keamanan nasional menjadi fokus pemerintahan Trump. Pembatasan masuknya kaum imigran ke Amerika Serikat yang mengacu pada tiga kebijakan yaitu kebijakan nasionalisme, kebijakan anti-imigran dan kebijakan anti-muslim. Ketiganya juga didukung oleh kebijakan luar negeri Amerika Serikat pada era Trump yang lebih menekankan pada isolasionisme dan proteksionisme; sesuai dengan slogan kampanye Trump American First, yaitu; Make America Great Again yang diaplikasikan ke berbagai kebijakannya. Dengan menggunakan konsep kebijakan luar negeri dan imigran, artikel ini mencoba untuk mendiskusikan alasan Trump mengeluarkan kebijakan pembatasan masuknya kaum imigran ke Amerika Serikat di bawah isu American First. Adapun metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk melihat fenomena pembatasan masuknya imigran ke AS. Artiel ini menghasilkan sebuah asumsi bahwa Kebijakan pembatasan imigran Trump dilakukan untuk melindungi masyarakat dan mengamankan wilayah Amerika Serikat dalam mencapai tujuan kepentingan nasional Amerika Serikat.

Article Details

How to Cite
TAUFIK, Taufik; PRATIWI, Sundari Ayu. American First : Kebijakan Donald Trump dalam Pembatasan Kaum Imigran ke Amerika Serikat. Intermestic: Journal of International Studies, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 221-241, nov. 2021. ISSN 2503-443X. Available at: <https://intermestic.unpad.ac.id/index.php/intermestic/article/view/287>. Date accessed: 28 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.24198/intermestic.v6n1.11.
Section
Research Article